Wednesday, 15 February 2012

BURUNG NAMDUR
            Namdur, Ptilonorynchidae

Gambar 1.2 Jenis Namdur Polos (Amblyornis inornatus)
            Ada 18 jenis yang yang tersebar di seluruh Australia sampai P.Papua. Di Pulau Papua terdapat 11 jenis yang hidup di pegunungan P.Papua. Dan dua jenis di antaranya menyukai padang rumput dan savanna di dataran rendah sebagai tempat hidup. Kedua jenis itu adalah Chlamydera.
            Ukuran dan bentuk tubuh relative seragam, seukuran dengan mino sampai gagak kecil. Di P. Papua, bulu jnis yang poligami biasanya ada prbedaan warna jantan dan betina: jantan warnanya lebih cerah. Bulu seragam : hitam, Zaitun, coklat atau kehijauan , pada beberapa jenis jantan menunjukkan hiasan jambul jingga. Suara pada umumnya parau, sering diselingi dengan suara tiruan yang mirip jenis burung yang lain. Keunikan dari burung Namdur Polos adalah dimana si jantan Namdur Polos  membangun panggung peragaan (bower), yang dibuat dari ranting-ranting dan di hiasi barang-barang berwarna-warni, seperti buah beri atau bunga, yang di susun sesuai dengan warna dari benda yang enjadi hiasan panggung peragaan (bower) atau sarang burung Namdur tersebut.
  • Namdur Polos (Amblyornis inornatus)
Panjang tubuh 25 cm. Warna tubuh jantan dan betina coklat zaitun kusam. Kepala besar, paruh tebal kehitaman, berujung kait. Burung ini memeliki suara lengkingan chree chree atau chuck chuck dan suara metalik aneh lainnya dan nada scheurr  mirip dengan suara jenis lainnya, pada saat di panggung pergaan burung ini bisa meniru suara jenis burung linnya bahkan bisa meniru sura binatang lain seperti, kucing mengeong, menggetar, menghentak, dan suara keriat-keriut bahkan burung namdur polos ini bias meniru suara manusia. Oleh masyarakat setempat burung ini dinamakan burung ambrew yang artinya burung pintar.

Gambar 1.3 namdur polos jantan saat menghiasi sarang atau panggung peraga
    4.1.2 Perilaku Burung Namdur polos   
            Membuat sarang atau panggung peragaan terbesar dan paling rumit di antara  burung namdur jenis lain, dimana sarang atau panggung peragaan di buat berbentuk kerucut setinggi      1 m, dengan diameter  1,6 m, dengan sebuah pintu masuk dan halaman depan, yang mana keduanya dihiasi dengan bunga-bunga, buah-buahan, jamur-jamur dan bahkan tutup-tutup botol serta plastik-plastik di jadikan sebagai hiasan sarang atau panggung peragaan.

Gambar. 1.4 salah satu sarang/ panggung peraga burung namdur polos
            
            Gambar 1.5 namdur polos mengelompokkan pernak-pernik hiasan sarangnya
            Dan salah satu ciri yang paling terkemuka adalah kebiasaan mereka saat musim  kawin, di mana yang jantan akan membangun sarang untuk menarik pasangan. Sarang ini bisa dihias dengan sangat indah. Apabila penampilan sarang yang dibuat oleh sang jantan tidak menarik maka si betina akan meninggalkan sang jantan tersebut dan mencari sarang yang lebih bagus dan menarik. Sarang ini di bangun di kawasan hutan dataran tinggi yang datar pada lantai hutan punggung bukit di hutan pegunungan. Burung namdur polos ini mempunyai sifat poligami terhadap pasangannya.




No comments:

Post a Comment