Senin, 13 April 2020

Bagaimana Cara Memperbaiki atau Memulihkan Shapefile Error (Rusak).......?

Hallo sobat kali ini saya ingin berbagi pengalaman yang pernah saya temukan selama mengolah data spasial, salah satunya adalah data shp (Shapefile) ketika dibuka di ArcMap dan QGis ternyata error, padahal data ini sangatlah penting bagi saya karena data tersebut merupakan data penelitian saya. Rasanya tidak mungkin lagi kembali mengambil data dilapangan, karena akomodasi sudah tidak memadai. 
Data yang error adalah track dan point penelitian saya, diagnoas pertama adalah data saya tersebut kena virus atau pada saat mengopy data ternyata hasil yang dicopy corrupt. Dibawah ini saya tampilkan contoh kasusnya. Pertama saya coba buka di ArcMap


Proses penambahan line_transect menggunakan Add Data di ArcMap > Add, hasilnya akan keluar info 
Open Failed
error opening feature class, seperti gambar dibawah ini























                              Karena data shp (shapefile), line_transect dan point_mammals tidak bisa dibuka di ArcMap saya mencoba membuka shp tersebut menggunakan QGis dan ternyata file shp tersebut juga tidak bisa dibuka seperti gambar dibawah ini.






















                                                                Setelah menambahkan point_mamals dan line_transect melalui Data Source Manager | Vector  informasi yang keluar adalah
Invalid data Source:Point_Mammals.shp is not a valid or recognized data source

Masalah seperti ini membuat pusing kepala dan nafsu makan berkurang, karena data tersebut  akan segera di analisis dan dikoreksi sama dosen pembimbing.

Catatan : Kesalahan ini disebabkan oleh keteledoran saya sendiri karena data sepenting ini tidak di backup

Nah kira-kira sobat pernah mengalami kasus yang sama tidak...? 
Jika pernah apa solusi memperbaiki shapefile error (rusak), dan bagaimana cara memperbaikinya.

Jika sobat ada solusinya bisa ditambahin pada kolom komentar ya 😊😊😊😊

4 komentar:

  1. Bang maaf mw nanya. Udah ktemu solusi utk msaalh gni kah? Soalx sy jg ngalamin hal yg sama. Makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya posting pada tulisan selanjutnya. Atau kamu bisa buka link ini https://phanterapardus.blogspot.com/2020/04/bagaimana-cara-memperbaiki-atau_26.html?m=1

      Hapus
  2. Balasan
    1. Caranya sudah saya posting pada tulisan ini Solusi Memulihkan Shapefile Error (Rusak)

      Hapus